Ekstraksi Zat Warna Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa Linn.) Sebagai Alternatif Pewarna Alami Bahan Pangan

Oleh :

Endang Retno W., Diana P., Fungki S.R., Endang N. dan Tri Rahayuningsih*)

ABSTRAK

Industri pangan pada saat ini masih banyak yang menggunakan zat warna buatan yang peruntukannya bukan untuk bahan pangan. Hal ini sangat merugikan konsumen karena dapat mengganggu kesehatan. Sementara itu masih banyak tanaman yang berpotensi sebagai sumber zat warna alami. Kelopak bunga rosella mengandung zat warna antosianin dengan kadar yang relatif tinggi, sehingga kelopak bunga rosella mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber zat warna alami untuk bahan pangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menggali potensi kelopak bunga rosela sebagai sumber zat warna alami, (2) untuk mengetahui cara ekstraksi zat warna kelopak bunga rosela yang tepat, dan (3) untuk mengetahui stabilitas zat warna selama penyimpanan pada suhu kamar dan suhu dingin.

Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 3 (tiga) ulangan. Faktor pertama adalah Jenis Asam (A) dengan 2 level, yaitu A1 = Asam Asetat dan A2 = Asam Sitrat. Sedangkan faktor kedua adalah Konsentrasi Asam (K) dengan 4 level, yaitu K1 = 0 %, K2 = 1 %, K3 = 2 %, dan K4 = 3 %, sehingga diperoleh 8 kombinasi perlakuan. Parameter pengamatan meliputi rendemen, nilai pH, dan intensisitas warna.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata rendemen ekstrak kelopak bunga rosela berkisar antara 38,93 % – 45,37 %, (2) Rata-rata nilai pH ekstrak kelopak bunga rosela pada hari ke-0 berkisar antara 4,73 – 4,92, (3) Rata-rata nilai absorbansi ekstrak kelopak bunga rosela berkisar antara 1,3056 – 3,1087, (4) Nilai rata-rata konsentrasi antosianin ekstrak kelopak bunga rosela berkisar antara 109,7166 mg/L – 261,3058 mg/L, (5) Konsentrasi zat warna antosianin ekstrak kelopak bunga rosella dipengaruhi oleh interaksi antara jenis asam dan konsentrasi asam bahan pengekstrak, (6) pH ekstrak kelopak bunga rosela dipengaruhi oleh interaksi antara jenis asam dan konsentrasi asam bahan pengekstrak, tetapi kedua faktor tersebut tidak berpengaruh secara tunggal, (7) Penyimpanan selama 7 hari pada suhu kamar menyebabkan penurunan konsentrasi antosianin dan kenaikan nilai pH, dan (8) Penyimpanan selama 7 hari pada suhu dingin menyebabkan kenaikan nilai pH tetapi tidak menyebabkan penurunan konsentrasi antosianin.

 

Kata kunci : kelopak bunga rosela, ekstraksi, zat warna antosianin

*) Dosen Pengajar PS Teknologi Industri Pertanian Fak Teknik UWKS

Tag: , , ,

11 Tanggapan to “Ekstraksi Zat Warna Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa Linn.) Sebagai Alternatif Pewarna Alami Bahan Pangan”

  1. dika Says:

    saya sedang meneliti zat warna alam dari umbi. namun saya kesulitan mencari protokol pengujian stabilitas zat warna dengan lengkap, seperti pengaruh logam, asam, basa, oksidator, reduktor, etc.jika anda berkenan untuk berbagi saya ucapkan terimakasih. mohon balas saja ke email saya. terimakasih

  2. Bu Puput Says:

    Kami sediakan benih yang unggul bunga Rosella merah dan Ungu mesir. Kami juga jual bunga kering rosella merah dan ungu / mesir yg siap konsumsi. harga murah dan berkwalitas. Silahkan sms kami di 081615841615 ( Bu Puput ). Pokoknya kwalitas Rosella kami yang higienis dan bermutu tinggi.

  3. nisa Says:

    sebenarnya kandungan antosianin dalam kelopak rosella kering sekitar berapa y? dan punya metode analisanya tidak? saya sedang meneliti optimasi ekstraksi kelopak rosella dengan kandungan antosian yang tinggi. zat warna merak dalam rosella apakah hanya dihasilkan dari antosianin?

  4. ridho Says:

    saya sedang meneliti kandungan antosianin rosella. mhn bantuan terkait dengan metode ekstraksi. bagaimana detail metode ektraksi rosella.

  5. seminartp Says:

    kami memiliki makalah lengkap artikel ini dan artikel lain dari seminar yang kamiselenggarakan. jika anda mau dapat membeli pada kami dengan harga 60rb tambah ongkos kirim 10rb. selain pewarna ada juga makalah lain dari abstrak pada blog ini

  6. ina Says:

    maaf pak, sy ckp tertarik dg artikel rosela yg bapak twarkan, namun sy ingin menanyakan dulu dg harg 60 rb + 10 rb ongkos kirim tersebut berapa buah artikel yang akan bpk dberikan?? dan bagaimana prosedurnya pembelianya? sy membutuhkan info cepat, Trimakasih ats info bpk

  7. Abu Ghiyas Says:

    klo boleh tau posisi “seminartp” dimana? saya tertarik dengan makalah yg bapa tawarkan, terimakasih

  8. syaiful Says:

    Saya sedang meneliti pengaruh penggunaan ekstrak rosela sebagai pewarna alami terhadap mutu makanan. Tolong jelaskan cara ekstraksi zat warna kelopak bunga rosela yang tepat(hasil ekstraksi terbaik pada penelitian anda)?????
    dan apa saja parameter yang diuji?????
    atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih….

  9. Ghie Says:

    Maaf pak cara mendapatkannya gmn ya? saya tertarik dengan artikel bapak, trimakasih

  10. Abu Ghiyas Says:

    Saya berharap dapat membeli makalah yg bapak tawarkan diatas, untuk prosedur pembeliannya bagai mana pa? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: