Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi IX

Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi IX dengan Tema:

“MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DAN GIZI UNTUK MENCAPAI MILLENIUM DEVELOPMENT GOAL’S”

Hotel Bumi Karsa Bidakara
Jakarta, Indonesia
26-27 Agustus 2008

LATAR BELAKANG
Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, karena itu pemenuhan atas pangan menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan pembangunan nasional. Ironisnya, Indonesia termasuk negara yang mengalami kemunduran dalam hal pencapaian MDG’s. Laporan MDG’s Asia Pasifik tahun 2006 menempatkan Indonesia dalam kategori terbawah bersama Bangladesh, Laos, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Papua New Guinea, dan Filipina. Indonesia memperoleh nilai negatif, baik dalam indeks kemajuan maupun dalam status terakhir dari MDG’s. Dari 23 indikator dari 7 tujuan MDG’s, 6 diantaranya ma suk dalam kriteria mundur, yaitu: garis kemiskinan, kekurangan gizi, kerusakan hutan, emisi karbon, air bersih di perkotaan dan sanitasi di pedesaan.

Saat ini terdapat kesenjangan yang cukup lebar antara target politik dan kondisi riil. Permasalahan operasional di tingkat adminitrasi terdepan dari tingkat desa sampai kabupaten/kota untuk melaksanakan program pangan dan gizi yang telah diamanatkan secara nasional sangat bervariasi dan sangat tergantung dari kapasitas pelaksana program. Selain itu, permasalahan bidang pangan dan gizi mengalami perkembangan kompleksitas di semua aspek pembangunan. Di lain pihak, perkembangan ilmu dan pengetahuan di bidang pangan dan gizi juga berkembang pesat. Namun demikian, isu keterkaitan antara perkembangan iptek dan permasalahan pembangunan pangan dan gizi masih memerlukan upaya penyelarasan.

Selama ini, berbagai isu dan permasalahan di atas menjadi bahan pembahasan dalam forum Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) yang berlangsung secara periodik setiap empat tahun terutama membahas isu perkembangan iptek dan solusi pangan dan gizi. Kegiatan WNPG terakhir adalah WNPG VIII yang dilaksanakan pada tahun 2004 di Jakarta.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, maka dipandang sangat perlu untuk melaksanakan forum nasional yang membahas kondisi pangan dan gizi dalam WNPG IX tahun 2008 ini yang akan dilaksanakan oleh LIPI bekerjasama dengan BAPPENAS, DEPTAN, DEPKES, dan Badan POM.

TUJUAN

  1. Membahas berbagai isu aktual dan alternatif pemecahan masalah terkait isu-isu pangan: kelembagaan, pola hidup sehat, mutu dan keamanan pangan, ketahanan pangan, dan masalah peningkatan gizi.
  2. Memberikan rekomendasi bagi kebijakan pembangunan nasional dibidang pangan dan gizi dengan mengacu kepada Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RANPG) 2006-2010 untuk mewujudkan komitmen MDG’s.
KELUARAN
Rekomendasi ilmiah bagi kebijakan pembangunan nasional di bidang pangan dan gizi.

TOPIK BAHASAN
Substansi bahasan adalah Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RANPG) 2006-2010 dan isu-isu global yang terkait dengan MDG’s. Topik bahasan dikelompokkan dalam 5 (lima) sub topik bahasan, yaitu:

  1. Isu Kelembagaan (kualitas penelitian pangan & gizi; pola pendidikan tenaga pangan & gizi; manajemen tenaga pangan & gizi; distribusi pangan; jaringan pelayanan pangan & gizi, dll).
  2. Isu Pola Hidup Sehat (penyakit yang berkaitan dengan gizi; aktifitas fisik masyarakat; promosi pola makan sehat, dll).
  3. Isu Mutu dan Keamanan Pangan (pengujian pangan; penegakan hukum bidang pangan; riset keamanan pangan; keamanan produk pangan UKM dan industri rumah tangga, dll).
  4. Isu Ketahanan Pangan ( status pencapaian MDG-1, kebijakan pangan; reforma agraria; pemberdayaan masyarakat; dll).
  5. Isu Peningkatan Gizi Masyarakat (pemetaan masalah gizi dan faktor resiko; fortifikasi; gizi darurat; penguatan aspek teknis, dll).
PEMBICARA
Pembicara Kunci*:
1. Menteri Negara Riset dan Teknologi
2. Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS
3. Menteri Kesehatan
4. Menteri Pertanian
5. Kepala LIPI

Pembicara Luar Negeri:
1. Dr. Muhammad Yunus * (Grameen Bank)
2. Dr. Gerard Barry (IRRI)
3. Prof.Dr. Kraisid Mahidol (Univ. Of Bangkok)
4. Mr. Alan Berg*, dll.
(*) dalam konfirmasi

TEMPAT DAN WAKTU
WNPG IX akan diselenggarakan di Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.71-73, Jakarta Selatan 12870, hari Selasa dan Rabu, tanggal 26-27 Agustus 2008, Pukul 08:00 s.d. 17:00 WIB.

BIAYA PESERTA
Peserta dikenakan biaya sebagai berikut:
Mahasi swa : Rp. 150.000,-
Umum : Rp. 250.000,-
Pendaftaran dilakukan melalui: a.n.: Rianty Hardyani, Bank Mandiri KCP Jakarta Grha Citra Caraka, No. Rek: 070 – 00 – 0533141-3

PENDAFTARAN
Peserta mohon mengisi formulir pendaftaran yang ada pada bagian leaflet ini sebagai bukti kesediaan hadir pada acara WNPG IX dan dikirim ke Sekretariat Panitia dengan alamat sebagai berikut:

Sekretariat Panitia Pelaksana
Nur (0811-973569)
Ruben (0811-884900)
Mila (0815-8807703)

Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt.5
Jl, Jend. Gatot Subroto No. 10
Jakarta 12710

Tel : +62 – 21 – 5225711 ext. 233/236/234
Fax : +62 – 21 – 5251834 / 5277183

http://www.wnpg.org
E-mail : rrnu001@lipi.go.id; rube001@lipi.go.id; bkpilipi@yahoo.com

JADWAL PENTING

  1. Batas waktu pengiriman abstrak paling lambat tanggal 30 Mei 2008.
  2. Batas waktu pengiriman full paper paling lambat tanggal 23 Juni 2008.
  3. Pengumuman penerimaan pemakalah (oral/poster) tanggal 7 Juli 2008.
  4. Makalah lengkap diterima Sekretariat Panitia (hardcopy dan softcopy) tanggal 15 Agustus 2008.
PENULISAN MAKALAH SUMBANGAN
Penulisan makalah sumbangan agar memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

  1. Makalah memenuhi ketentuan umum karya tulis untuk diterbitkan dalam jurnal berkala ilmiah;
  2. Makalah ditulis secara lugas, tidak lebih dari 10 halaman, di atas kertas ukuran A4, mengikuti standar penulisan ilmiah, diketik dengan program Microsoft Word, jenis huruf Times New Roman 12, spasi satu setengah;
  3. Makalah ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
  4. Makalah lengkap sebanyak 2 (dua) eksemplar disampaikan dalam bentuk hard copy pada kertas HVS ukuran A4 dan soft copy (SC) dengan program Microsoft Word.

Tag: , , , ,

5 Tanggapan to “Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi IX”

  1. gizikom Says:

    Saya tertarik untuk ikut, tapi belumsaya temukan di Blog ini yang dimaksud dengan Form Kesediaan seperti disebut di atas, Selanjutknya ada 1 pertanyaan saya berkaitan dengan Kongres nanti :
    Bagaimana sikap Indonesia sehubungan dengan dikeluarkannya Baku Rujukan Antropometr yang baru (WHO2005)?. Apakah materi tersebut menjadi salah satu pembicaraan di KPIG ini atau akan ada event khsus untuk itu.
    Terima kasih
    Usman di Padang
    sum4nd4n@dmail.com
    Anggota Persagi Cabang Sumbar (Poltekkes Padang)

  2. Homepage « Blog Gizi Masyarakat (Usman, DCN, MKOM) Says:

    […] WNPG IX Jakarta, 26-27 Agustus 2008 Mau Registrasi ? Klik Di sini […]

  3. Homepage « top1hit4m Says:

    […] WNPG IX Jakarta, 26-27 Agustus 2008 Mau Registrasi ? Klik Di sini […]

  4. mat Says:

    Ass. Maaf nanya hail widaya karya pangan dan gizi 2008, rekomendasinya kapan bisa dilihat, kalau bisa dilihat dimana dapat nya.

    makasih

  5. ridwan Says:

    untuk rekomendasi hasil WNPG IX sudah selesai di buat, dan sudah dikirimkan ke mentri2 terkait.

    bila ada yang memerlukan rekomendasi akhir dapat menghubungi sekretariat mailwnpg LIPI atw ke email ridwanstiaji@ymail.com

    mohon maaf info agak terlambat.

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: